Mandala Tigerair Bangkrut

Maskapai Mandala Tiger resmi ditutup mulai 1 Juli 2014. Penutupan dilakukan karena maskapai itu tak lagi mampu membiayai operasional armadanya, ungkap Kepala Bagian Hukum dan Humas Mandala Tiger, Israfulhayat, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews Senin malam.

Menurut Hayat, rencana penghentian operasional Mandala telah disampaikan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara pada Kementerian Perhubungan. Ini sudah disampaikan beberapa minggu sebelum pelaksanaan penghentian operasi untuk mengantisipasi hal-hal dan kemungkinan yang timbul.

"Bagi para penumpang yang sudah melakukan pembelian tiket penerbangan setelah 1 Juli 2014, pihak Mandala Tiger telah berkomitmen dan bertanggung jawab dengan memberikan dua opsi penyelesaian," ujarnya.

Opsi pertama adalah mengembalikan uang atau mengalihkan penerbangan kepada perusahaan penerbangan lainnya. Untuk penerbangan rute internasional, Mandala Tiger akan mengalihkan kepada Tiger Air sebagai induk perusahaan. Sementara untuk penerbangan rute dalam negeri akan dilakukan proses refund sesuai metode pembayaran saat pembelian tiket.

"Proses ini akan dilaksanakan selama 1 bulan dan akan dimonitor oleh Kementerian Perhubungan," jelas Hayat.

Hayat menambahkan Apabila terdapat keluhan, maka Kementerian Perhubungan c.q. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan memberikan peringatan atau teguran kepada pihak Mandala Tiger untuk diperbaiki.

Hayat mengemukakan kondisi bisnis penerbangan kurang menguntungkan pada tahun 2013. Menurutnya pertumbuhan penumpang seluruh penerbangan di Indonesia hanya sebesar 6 persen. Kondisi itu diperparah dengan kenaikan harga bahan bakar minyak serta avtur. Selain itu turunnya nilai rupiah juga berdampak pada naiknya harga tiket pesawat udara.

Kondisi itu menurutnya berakibat adanya shifting priority penumpang pesawat udara dan telah menempatkan seluruh pelaku bisnis terutama angkutan udara pada posisi bisnis yang tidak mudah. "Terutama perusahaan angkutan udara dengan pangsa pasar kelas menengah ke bawah atau maskapai low cost carrier," ungkap dia. (ren)

Sumber : viva.co.id

No comments:

Post a Comment